Thursday, August 17, 2006

Terbang ke AS, Jangan Bawa Jel ( Benda2 Cair )


Update: Senin, 14/08/2006, 14:22 wib
Terbang ke AS, Jangan Bawa Jel


JAKARTA, SENIN--Perusahaan penerbangan Singapura, Singapore Airlines, menyarankan kepada ppenumpang yang hendak terbang menuju atau dari Amerika Serikat (AS) agar tidak membawa cairan maupun jel dalam bentuk apapun ke dalam pesawat. Yang diizinkan adalah susu atau jus buah untuk bayi atau anak kecil, obat-obatan yang diresepkan oleh dokter kepada orang yang namanya tercantum dalam tiket pesawat, insulin dan obat-obat bebas.


Siaran pers Singapore Airlines kepada KCM itu menyebutkan, cairan maupun jel yang tidak termasuk dalam daftar di atas, termasuk minuman yang dibeli di bandara, tidak boleh dibawa masuk ke dalam pesawat. Sedangkan shampoo, krim, pasta gigi, jel rambut dan barang sejenis lainnya juga tidak boleh masuk ke dalam kabin, tapi harus masuk bagasi.


Bagi penumpang Singapore Airlines yang terbang dari Inggris, yaitu Bandara London Heathrow (3 penerbangan sehari) dan Manchester (1 penerbangan sehari), disarankan untuk menaati aturan bandara untuk tidak membawa apapun dalam kantung celana atau baju.


Penumpang diminta menyiapkan sebuah tas plastik transparan berisi: dompet beserta isinya (uang, kartu kredit, kartu identitas dan sebagainya), dokumen perjalanan (paspor, tiket pesawat dan sebagainya), obat-obatan sesuai resep dokter dan kebutuhan, serta kacamata tanpa kotaknya, lensa kotak tanpa botol cairannya.


Selain itu tas plastik transparan ini juga berisi makanan bayi, susu dan perlengkapan bayi selama penerbangan (bagi mereka yang bepergian membawa bayi), perlengkapan kebersihan perempuan (pembalut, handuk), saputangan atau tisu, dan kunci.


Penumpang Singapore Airlines juga harus bersiap untuk menjalani pemeriksaan sinar X atas alas kaki yang dipakai serta barang bawaannya. Sedangkan orang-orang cacat akan mendapat perlakuan khusus.


Karena proses pemerikaan keamanan yang amat ketat, pihak Singapore Airlines menyarankan para penumpangnya untuk check-in di bandara lebih awal dan bersiap menghadapi penundaan keberangkatan pesawat. (*/Ima)


 


sumber : Kompas

11 comments:



  1. Halah ribet banget.... tapi demi keamanan juga sih ya... *mengutuk teroris*

    Salam kenal mbak.

    ReplyDelete
  2. Makin ribetttt.Mau gak mau,contact lens gak bisa dipake donk ( ribet soalnya kalo gak ditetesin sama cairannya). Btw,salam kenal juga buat Agustin.^___^

    ReplyDelete
  3. Makin ribetttt.Mau gak mau,contact lens gak bisa dipake donk ( ribet soalnya kalo gak ditetesin sama cairannya). Btw,salam kenal juga buat Agustin.^___^

    ReplyDelete
  4. jangan bawa kueh ongol-ongol juga, mirip agar agar

    ReplyDelete
  5. Hahahahaha.Ongol2.... Keburu cair kelamaan masuk di bagasi.*penggemar ongol2 neh ceritanya ?* :D

    ReplyDelete
  6. iya tuh say, gw tdnya ga percaya ada peraturan gt, tp pas ada temen yg pindah kesana, doi mohon2 spy gw mau "ditimpahin" barang2 cair dia hahhahaaa....sayang ktnya kl dibuang, iyalah...sabun cair CK, Body shop msh disegel...sapa yg ga mau :d tp ribet jg kl gt yaa..

    ReplyDelete
  7. thanks for sharring mbak.. memang jadi tambah ribet.. tapi kalo ngga mau naatin peraturan tsb siap siap aja bakal di periksa kurang lebih 45 menit perorang udah gitu barang barang yang dilarang di bawa ke kabin tapi kalo tetep ngotot pengen di bawa bakalan di trash sama petugas diairport tsb. aku pikir aturan ini berlaku untuk semua airlines around the world. tapi ternyata tidak ( mudah mudahan ngga ada lagi ancaman teroris ) soalnya kemaren siang sempet tlp QF off setempat dan menanyakan apakah berlaku juga untuk penerbangan perth - cgk v v? ternyata menurut staff QF itu hanya berlaku untuk penerbangan ke uk / usa. anyways thanks for sharring. salam kenal dari ungkhe, jakarta

    ReplyDelete
  8. Demi kenyaman bersama ( sebenarnya gak nyaman di kita,nyaman di mrk ) . Hehehheheheheh. Harus masuk ke bagasi katanya yg berbau gel2 begituan,gak bisa masuk ke hand bag lagi.

    ReplyDelete
  9. US memperketat pengamanan.Pantesan aja,ada temen bulan Apr kmrn plg ke San Diego,dia disuruh pake plastic bag yg transparan.Udh gitu,hand bag nya diperiksa.Dikeluarin semua isi tasnya.Kita sampe khawatir dari jauh ngeliat dia.Kirain dia ada masalah serius.Sampe sepatu juga disuruh buka. *Jadi ingat wkt mo kejar pesawat ke CVG,sepatu dan kaos kaki disuruh buka.Gelo dahhhh*

    Btw,kapan main ke sini, Ungkhe? ^___^ Jkt di mananya ya?Kali2 aja nyasar ke Jkt.Hihihihihi

    ReplyDelete
  10. untung ngga pake ikat pinggang he..he.. kalo ngga suruh di buka juga. kalo buka sepatu sihk di syd airport sometimes mereka minta kt untuk buka sepatu dan kaos kaki. cuman random sifatnya..pengen lagi sihk ke us wuah terakhir kali udah agak lama banget 10 tahun yang lalu dehk kalo ngga salah. us aku hanya ke hnl & lax selebihnya belom .. hmm besar bener negaramu itu he.he..jakarta aku di lebak bulus say.. kapan pulang / vakansi ke jakarta? mampir yahk.. jangan jangan keluar travel warning lagi ngga boleh ke indo dulu? ribet yahk.. enakkan dulu sebelum 911. gbu

    ReplyDelete
  11. Crew Garuda toh,Mbak?Mei2 dulu kerja di Pelangi Airways M'sia.Ayo donk,main ke sini,ntar dibawa jalan2 ke Thrift Store.hahahahhaah ( mana mau si Mbaknya ).

    Lebak Bulus di mana ya? *buta peta Jkt nih* Taunya cuma Cipinang,Kedoya,Mampang doank.Hehehehhehehe. Boleh donk dpt tiket gratis MES - JKT - BDO ntar. ^____^

    Adik Mei2 kerja di Adam Air - MES. Ada lowongan gitu? Hahahhaha *hushhh,Mei2 usil bener.*

    GBU,too!!!

    ReplyDelete