Friday, March 23, 2007

The Rising - Mangal Pandey ( 2005 )

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Documentary
Review lagi ya ttg film India.Bagi yg mo nambah pengetahuan ttg sejarah India ( sampe akhirnya merdeka ),ini dia filmnya.

Mangal Pandey ( 2005 ),dibintangi Aamir Khan,Rani Mukerjee,Toby Stephens ( yg main di James Bond ,Die Another Day ,lawan main Brosnan ), Amisha Patel dll.

Mangal Pandey seorang serdadu di bawah pemerintahan British,menamakan diri mrk The Company.The Company menanam Opium di seluruh India dan melakukan perdagangan dgn China sebagai ganti teh dan herbal.Mr.Kent,salah satu petinggi di The Company secara diam2 melakukan private business dengan menyuruh salah satu pedagang lokal menjalankan bisnisnya supaya tidak ketahuan.

Suatu ketika,para prajurit disuruh melakukan latihan menggunakan catridge.Mangal Pandey satu2nya prajurit yg maju ke depan.Salah satu penduduk lokal memberitahukan Mangal bahwa catridge tersebut terbuat dari lemak babi dan kerbau ( di mana kedua bahan tersebut haram bagi penduduk yg beragama Islam dan Hindu ).

Mangal merasa ditipu.Dia mendatangi Capt Gordon dan memberitahukan rumor yg dia dengar.Capt Gordon tidak mengetahui hal tsb.

Di kemudian hari,para prajurit disuruh melakukan latihan kembali.Capt Gordon meminta para petinggi utk mengganti bahan catridge,supaya para prajurit tidak merasa haram menggunakan bahan tsb.

Alas,para petinggi meyakinkan Gordon bahwa rumor tsb tidak benar.Gordon disuruh meyakinkan para prajurit ( di kemudian hari,diketahui bahwa rumor tsb benar,setelah Mangal dan teman2nya mendatangi pabrik yg memproduksi catridge tsb ).

Merasa dikhianati kepercayaan agama mrk,Mangal mendatangi Capt Gordon.Perang pun berkibar.Mangal memutuskan tali persahabatan mrk.Capt Gordon kecolongan, karena dia tidak tau sama sekali ttg hal tsb.

Mangal dan teman2 melakukan gerilya.Kali ini bukan berperang melawan haram tidaknya catridge,tapi berperang utk kebebasan mrk,karena selama ini mrk ditindas diperlakukan spt binatang dan dikatai sbg " Black Dogs ".

Sembari menyusun rencana utk berperang melawan British,2 utusan dari kerajaan di daerah lain di India mengajak tentara India utk bersatu melawan British.

Mangal setuju.Rencanapun diatur.Berdasarkan prediksi,bahwa kekuasaan British akan berakhir pada tahun ke - 100,yakni bulan May. Mrk menyusun strategi utk menyerang akhir bulan May.

Salah satu tentara India,keceplosan berbicara kepada istrinya yg bekerja utk wanita British ( babysitter ),melaporkan kepada wanita tersebut bahwa tentara India akan menyerang mrk di bulan May. Pada saat itu kekasih wanita British,Capt Hewson yg bersembunyi di ruangan lain mendengar kabar tsb.

Begitu para petinggi The Company mengetahui rencana tentara India,mrk mempercepat kedatangan tentara tambahan dari propinsi lain ( krn tentara India di mana mrk berada berontak utk bekerja dgn mrk ).

Apadaya... Mangal dan teman2nya kecolongan.Pada saat tentara tambahan tiba di kota tsb,Mangal dkk bagaikan anak ayam kehilangan induk. Mrk sama sekali tidak ada persiapan.

Mangal menyuruh teman2nya pergi memberitahukan kepada para penduduk.Sementara Mangal berusaha utk menembak sebanyak mungkin. Satu orang berbanding ratusan org,akhirnya Mangal menarik pelatuk sendiri.

Mangal terluka,dibawa ke rumah sakit.Nyawanya dapat diselamatkan.Dia di penjara.Heera ( pelacur ) yg menjadi kekasih Mangal,mendatanginya ke penjara dan menikah di sana.

Hari pun ditentukan.Mangal dihukum gantung.Semuanya telah siap,tapi algojo tidak hadir.Mrk tidak mau menggantung Mangal.

Hukuman pun ditunda bsk harinya sampai algojo lainnya dipanggil.Siang hari,Mangal dibawa ke hadapan publik. Dengan meneriakkan slogan Islam,Mangal pun mati digantung.

Begitu dia mati digantung,para penduduk berpencar,berperang melawan kompeni.Pertikaian berlanjut sampe satu tahun kemudian.Capt Gordon membantu masyarakat India membasmi kompeni ( yg notabene adalah bangsanya sendiri ).

Perjuangan utk mendapatkan kemerdekaan akhirnya dicapai setelah 90 tahun kematian Mangal.Dari Mangal sampai Mahatma Gandhi,kemerdekaan pun dicapai pada tahun 1947.

India pun bebas dari jajahan kompeni sampai skrg.


2 comments: