Wednesday, February 6, 2008

Hidangan Imlek ( Duhh.... Ngiler Nehhhhhhhhhhhh )

 

Pengen posting aja sajian2 Imlek......sekalian pengen nanya....

Jadi pengen pulang lagi.. hiks.....

Mo buat kue2 Imlek kok gak sempat ya ??

Mo tanya dikit nih,bagi temen2 yg tau.... Tau kan kue ketan yg warna biru2 keungu2an gitu ??  Apa ya namanya ?? Pake sari bunga kah ???? Di mana dicari ? Pengen banget buat begitu,dimakan pake srikaya... Yummy!!!!!!!!

 

Contoh menu meja sajian Sembahyang Imlek: 

  1. Ca Rebung Iris Kasar (di dalamnya kadang disertakan juhi, haisom, abalone dan taoco) 
  2. Ca Rebung Iris Halus (bersama kepiting, udang, atau hisit) 
  3. Daging masak kecap (biasanya digunakan daging babi) 
  4. Sosis daging masak kecap 
  5. Masakan dari kaki 
  6. Masakan dari paru 
  7. Masakan dari lambung 
  8. Sate daging 
  9. Ayam O (dimasak bersama taoco dan facai) 
  10. Opor Ayam 
  11. Sambel Goreng (ampla, hati ayam, dan petai) 
  12. Mi Goreng 

Kue-kue wajib di meja sajian: 

  1. Kue Keranjang (disusun 3, 4, atau 5 buah dihias dengan kertas minyak warna merah) 
  2. Kue Moho (bisa diganti dengan Kue Mangkok, biasanya dicari yang berwarna merah jambu atau merah). salah satunya diletakkan di atas susunan kue keranjang. 
  3. Kue Ku warna merah 
  4. Kue Lapis 
  5. Wajik (warna merah atau cokelat gula merah) 
  6. Kue Nagasari 
  7. Kue Bugis 
  8. Kue Lemper (dibungkus seperti burung) 
  9. Madu Mongso 
  10. Bongko Cunduk, Bongko Meniran, atau Bongko Kopyor 
  11. Coro Bikang 
  12. Ketan Tetal (ketan warna biru disajikan dengan sambal ebi) 

Manisan wajib: 

  1. Tangkue 
  2. Angco (kurma merah, bisa diganti dengan manisan ceremai warna merah. Biasanya manisan ini disajikan dalam piring-piring kecil atau ditusuk-tusuk seperti sate. Ditata di atas meja khusus bernama cenap. Biasanya tiap tusuk mewakili satu leluhur.) 

Buah-buahan wajib: 

  1. Pisang Raja atau Pisang Mas 1 sisir 
  2. Tebu 
  3. Srikaya 
  4. Jeruk Bali, sebagai lambang persatuan (masih lengkap dengan tangkai dan daunnya) 
  5. Delima merah 
  6. Nanas 
  7. Lengkeng 
  8. Jeruk Lokam 
  9. Belimbing 
    Biasanya buah-buahan ini dihiasi atau dibungkus dengan kertas minyak warna merah.
     

sumber : http://www.sedap-sekejap.com/artikel/2001/edisi2/files/artikel2.htm

26 comments:

  1. :(( wahhhhhhh mei.. u bikin wa nangis darah hihi liat list makanan enak.. cuman bisa ngimpi aja dah



    Gong Xi Fa Choi :)

    ReplyDelete
  2. ketan biru katanya sih pake air bunga teleng, tau apaan tuh dan nyarinya dimana

    ReplyDelete
  3. Gong Xi Fa Choi :D
    Aduhh itu menu :((

    ReplyDelete
  4. Hey Pepy, bikin cah rebung irisan kasar aku suka bikin tapi resep asal karangan 'ndiri. Mau ? gampang koq.

    ReplyDelete
  5. Apaan tuh,Vi? Gak pernah tau.he he he. Sorry,tanya sama yg lain coba. he he he

    ReplyDelete
  6. nih....ada yg tau.Nama lainnya apa ya ??

    ReplyDelete
  7. bah...sama !!!!!!!!!!! Pengen nangis neh.... Biasanya musim2 begini Kue Keranjang,kue Bulan bertaburan di mana2.. hiks.. hiks..hiks...

    ReplyDelete
  8. bunga teleng yg gimana ya ?? Perasaan pernah baca di mana gitu,sari bunga yg warnanya kebiruan.. Di sini gak tau cari di mana. :(

    ReplyDelete
  9. iya nih mei... duh sedihnya... di asian market tempatmu gak ada yang jual kue keranjang?? sini aku gak ketemu loh...

    ReplyDelete
  10. iya tapi yang biasa tampil diacara sembahyangan Imlek bukan ?
    Yang warnanya kecoklatan pake kecap ?

    ReplyDelete
  11. sama2, Mon.Mari kita gigit jari.... he he he he

    ReplyDelete
  12. kasihan iya kalian berdua ga nemu kue keranjang. Disini ada tapi yang asli buatan orang China, ga seenak yang di Indo.
    Mau bikin sendiri ? Ada resepnya aku hasil search tahun lalu.

    ReplyDelete
  13. disini juga ada buatan cina vietnam :)

    ReplyDelete
  14. Gua baru selesai bikin nastar nih mei, biasa di Indo nastar selalu wajib buat sincia dan juga dodol labu. Nyokap bikin sendiri juga kue keranjang.

    ReplyDelete
  15. gw baru dapet kiriman kue keranjang ...

    ReplyDelete
  16. blm pernah liat masakannya spt apa.Kalo ada yg tau, posting ya,biar tau rupa masakannya spt apa. Penasaran.com

    ReplyDelete
  17. Di sini ada jual,tapi gak pernah beli.Kurang sreg.Ini lidah kampung,maunya produk dlm negri mulu.he he he . Tidak percaya dgn produk luar.

    ReplyDelete
  18. Sini deh resepnya,kalo ada wkt,Mei2 coba buat. thnks before,Myen

    ReplyDelete
  19. jadi pengen madu mongo..*hiks,hiks*
    gong xi fa cai...!

    ReplyDelete
  20. SELMAT HARI RAYA CHINA ya MEI !!!

    ReplyDelete
  21. Mei, gw cuma dapetnya jeruk bali disini hehehe..tp udah botak..ga pake tangkai ama daon...sisa menu lainnya..tinggal manyun aja sambil ngeces hehehe...kl disini sepi yah sinchia...ga ada apa2x..kl di Indo gini hari lg nyariin yg ada barongsai dimana, trus makan enak siang malem

    ReplyDelete
  22. wahhhhhhhh.......ada ancang2 mo dikrm ke sini,ta? kakakaka.Blm sempat buat kue bakul :(

    ReplyDelete
  23. awwwwwwwwwwwww.... ente bikin nangis darah di sini,ta. Mau dunkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete