Sunday, August 3, 2008

Atonement ( 2007 )

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Romance
A touchy film....

Buah dari kecemburuan anak remaja Briony ( 13 thn ) yg patah hati dengan Robbie ( anak tukang kebun ) menjalin cinta dgn Cecilia ( kakak Briony ).

Karena cintanya ditolak,Briony menuduh Robbie memperkosa Lola ( sepupu Briony dan Cecilia ) di tengah malam saat mereka mencari adik kembar Lola yg lari dari rmh.

Akibat laporan palsu Briony,Robbie yg pada saat tengah malam itu ikut mencari si kembar,akhirnya berhasil menemukan mrk.

Robbie ditangkap atas laporan tindak pemerkosaan thd Lola ( dari blkg ).

Bertahun2 kmdn, Briony dihinggapi perasaan bersalah. Briony yg berumur 18 thn mencari maaf terhadap Cecilia ( tapi tak kunjung dpt kata maaf darinya ).

Sementara Robbie yg pada saat itu diberikan pilihan masuk ke penjara atau ikut dinas militer,akhirnya memilih pilihan ke-2.

Robbie dan Cecilia msh berhubungan melalui surat.

Lola yg akhirnya menikah dgn Paul,sahabat Leon,abang Briony ( Briony akhirnya mengaku kalo Paul yg memperkosa Lola secara paksa di tengah malam tsb ).

Briony mendatangi Cecilia dan Robbie,meminta maaf dan berjanji utk mengklarifikasi malam kejadian tsb.

Tahun bergulir ke 1999. Old Briony,sang novelis,mengaku kalo dia sama sekali tidak pernah melakukan klarifikasi.

Robbie meninggal pada saat dinas di medan tempur ( menderita sakit ),sementara Cecilia tenggelam akibat banjir di bawah lorong.Cecilia dan Robbie tidak pernah bertemu kembali,dan tidak pernah menikah,spt apa yg Briony tulis di novelnya.

Briony dihinggapi perasaan bersalah seumur hidup,dan dia memutuskan utk menulis happy ending di novelnya ttg hub. Robbie dan Cecilia.

Akibat perbuatan Briony di masa lalu, nasib hidup org2 di sekitarnya berubah.

Pelajaran yg bisa diambil ?? Akar kecemburuan akan merusak mata hati,dan mengakibatkan hasil yg fatal.

Menyesal tiada guna.......

No comments:

Post a Comment